OBJEK WISATA CIPANAS GARUT

Sebenarnya banyak tempat bernama Cipanas, dan biasanya dikenal karena ada sumber air panas. Demikian halnya dengan Cipanas Garut. Sumber air panas yang melimpah dari Gunung Guntur, membuat Cipanas Garut banyak dikunjungi orang. Bahkan kini Cipanas Garut menjadi obyek wisata andalan Pemda Garut.
Air panas di Cipanas Garut suhunya bisa mencapai 49 derajat celcius. Air ini bersumber dari Gunung Guntur yang masih aktif. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, air di Cipanas Garut sangat baik digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena mengandung belerang. Bahkan Dinas pariwisata Garut mengklaim bahwa air panas di Cipanas merupakan yang paling bening di Indonesia. Karena itulah, banyak orang berlama-lama berendam di Cipanas Garut.
Cipanas Garut tidak hanya dikenal baru-baru ini. Sejak awal abad ke-20 Cipanas sudah menjadi obyek wisata yang disukai turis Eropa dan Amerika. Jika Bandung dijuluki Paris van Java, saat itu Garut dikenal dengan sebutan Swiss van Java, yang berarti Swiss-nya Jawa, dan Cipanas menjadi salah satu ikonnya. Charlie Chaplin, komedian Amerika yang termashur, juga pernah singgah di Cipanas. Apa daya tarik lain dari Cipanas sehingga banyak orang betah di sini? Walaupun namanya Cipanas, namun sebenarnya udara di sana sangat sejuk. Terang saja, karena letaknya berada di kaki Gunung Guntur. Namun jika orang merasa betah di Cipanas itu karena banyak sarana dan prasarana yang mendukung. Kini orang sangat mudah untuk datang ke Cipanas. Angkutan umum banyak tersedia. Akses jalan bisa ditempuh dari beberapa arah, hotel dan penginapan tersebar di mana-mana. Mulai dari penginapan yang tarifnya sangat murah hingga hotel berbintang yang menyediakan kamar-kamar kelas satu. Demikian juga kolam renang dan kolam rendam bisa ditemukan dengan mudah bagi mereka yang sekedar ingin berenang atau berendam.
Di pusat keramaian Cipanas juga banyak ditemukan restauran atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan bagi pengunjung. Namun hotel-hotel di Cipanas umumnya punya restoran sendiri yang memanjakan pengunjung Cipanas dengan berbagai masakan tradisional maupun modern.
Cipanas terletak sekitar 6 km dari pusat kota Garut. Bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tempat ini bisa ditempuh menggunakan angkutan umum jurusan Cipanas – Terminal Guntur yang routenya melewati alun-alun Garut. Letak obyek wisata ini berada di sebelah utara kota, tepat di selatan kaki Gunung Guntur yang bentuknya sangat khas.
Bagi mereka yang menyukai olah raga hiking atau mendaki gunung, bisa juga melakukannya dari Cipanas. Dari sana terdapat jalur pendakian menuju puncak Gunung Guntur yang lebih landai dibanding jalur dari Curug Citiis di sebelah utaranya. Dari puncak Gunung Guntur, kita bisa melihat panorama alam yang sungguh luar biasa. Bahkan saat udara tidak berkabut, dataran tinggi Garut bisa dilihat dengan sangat jelas dari puncak gunung ini.

bacaan lainnya :
Objek Wisata Lainnya

5 komentar:

  1. jika agan2 hendak berlibur ke lembang bandung bersama keluarga maupun perusahan anda dan membutuhkan akomodasi penginapan villa murah nyaman dan strategis ke tempat tempat wisata alam dan kuliner yang sudah terkenal,sebelum berangkat silahkan survei dulu di http://www.penginapanmurahdilembang.blogspot.com untuk detail info dan harga sewa

    BalasHapus
  2. kalo dari Cibiru,bandung bisa ditempuh berapa jam gan?

    bagi agan2 yang ingin berlibur ke pangandaran dan sekitarnya. Bisa kunjungi http://lisnovitalove-pangandaran.blogspot.com.

    BalasHapus
  3. Cipanas memang sangat indah, onyek wisata ini sudah di tunjang akomodasi yang lengkap. Bagi yang ingin ke Bandung jangan lupa kunjungi Hotel di Bandung

    BalasHapus
  4. Very Nice Garut is The Best, yg mau beli oleh2 Kuliner Garut bisa mampir di www.KulinerGarut.Com

    BalasHapus
  5. Cipanas asyik tuh, cuma sekarang ketenarannya kalah sama darajat ..
    yang mencari info hotel bisa kunjungi blogku hotel di bogor dan hotel di surabaya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...